Bahan-Bahan Mappacci Dalam Pernikahan Suku Bugis

bahan-bahan

Bahan-Bahan. Hai sahabat adatkita.com, semoga sahabat sehat dan selalu punya ketertarikan untuk mengetahui tradisi adat yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan mengulas Bahan-Bahan Mappacci dalam tradisi pernikahan suku bugis.

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang makna dan asal-usul mappaci. Tak lengkap rasanya hanya mengetahui makna tanpa menelisik lebih jauh prosesnya. Benerkan sahabat adat? Masak iya, hanya ingin tahu nama siwanita cantik, tanpa mengetahui lebih dalam siapa sih dirinya. Assseeeek.

Baca Juga: Adat Mappacci dalam Pernikahan Suku Bugis

Nah, tim adatkita.com akan memberitahu alat dan bahan dalam proses mappacci dalam tradisi pernikahan suku bugis d/bawah ini:

  1. Bantal, untuk tempat duduk calon pengantin
  2. Kain Sutera bugis, d/letakkan diatas bantal 4 lembar
  3. Daun Pisang
  4. Daun Nangka
  5. Piring
  6. Beras diletaakkan diatas piring biasanya disebut wenno
  7. Tai banni/patti yang artinya lilin.
  8. Daun paccar atau pacci (alat utama mappaccing)

Itulah alat dan bahan dalam mappacci adat suku bugis saat melaksanakan perkawinan. Bagaimana sahabat adat sudah tahu alat dan bahannya?, Sudah dong. Tidak cukup hanya mengetahui alat dan bahannya, sahabat adat juga harus mengetahui fungsi dan makna setiap alat dan bahan yang d/gunakan. Karena setiap alat dan bahan juga ada maknanya lho. Asiikkan. Sahabat adat mau tahu apa saja makanya? ikuti terus artikel ini.

Setalah alat dan bahan d/siapkan, kita akan masuk kedalam proses pelaksanaannya. Dalam proses pelaksanaannya ternyata tidak begitu mudah lho sahabat adat. Tapi juga tidak terlalu ribet-ribet amat sih.

Hanya perlu sedikit kesabaran kalau sahabat adat menjadi calon pengantinnya. Karena akan banyak keluarga yang akan ikut dalam proses mappacci ini.

Bagaimana prosesnya? Cari tahu terus dalam website adatkita.com.

Junjung adat…

Jaga Tradisi…..

 

1 thought on “Bahan-Bahan Mappacci Dalam Pernikahan Suku Bugis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *