Adat Mappacci Dalam Pernikahan Suku Bugis

adat mappacci

Adat Mappacci.Pernikahan di Indoensia begitu kental dengan adat dan budaya. Hal itulah yang menjadikan Indonesia kaya akan budayanya. Tradisi dan budaya itulah yang menjadikan setiap proses pernikahan menarik untuk selalu d/ketahui. Bahkan tidak hanya menarik untuk diketahui para sahabat adat yang sedang membaca, tetapi menjadi pengalaman berharga bagi setiap mempelai pengantin. Apalagi kalau sahabat adat yang menjadi mempelainya.

Dalam pernikahan suku bugis, banyak tradisi-tradisi yang jarang d/ketahui oleh khalayak ramai. Jangankan d/ketahui oleh khalayak ramai, Bagi pemuda-pemudi bugis sendiri banyak yang tidak tahu lo. Dari hal itulah tim adatkita.com akan memberikan sahabat adat pengetahuan tentang adat mappacci dalam suku bugis.

Mappacci sudah menjadi budaya dari suku bugis yang harus d/lakukan satu hari sebelum ijab qabul. Nah, kalau orang bugis  melafaskannya dengan kata “mappaccing”.

Baca Juga: Adat Melamar Gadis Bugis

Jika d/artikan secara bahasa, mappacci berasal dari kata paccing artinya suci dan bersih, yaitu membersihkan segala sesuatu. Proses ini d/yakini untuk membersihkan diri sang calon pengantin dari semua hal yang bisa menghambat dalam pelaksanaan pernikahan. Sederhananya kalau sahabat adat tahu istilah bainai dalam suku banjar, kurang lebih sama prosesnya.

Menjadi pertanyaan menarik bagi sahabat adat untuk berfikir kapan sih adat mappacci ini muncul? Memang tidak ada jawaban yang pasti kapan adat mappacci ini lahir. Tetapi dari orang-orang tua bugis terdahulu, adat mappacci ini memang sudah menjadi warisan yang turun temurun dari nenek moyang. Bahkan sebelum Islam masuk, tradisi ini sudah menjadi keharusan ketika akan melaksanakan perkawinan.

Wah, sudah terbilang lama juga ya. Sampai hari ini adat mappacci sudah mendarah daging bagi suku bugis yang harus selalu d/jaga. Bahkan menjadi tradisi yang tak pernah ditinggalkan oleh suku bugis.

Jadi, untuk para sahabat adat, khsusunya dari suku bugis, mari kita jaga adat dan budaya. Karena itu adalah salah satu kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dilestarikan sampai kapanpun.

Junjung Adat…

Jaga Tradisi…

2 thoughts on “Adat Mappacci Dalam Pernikahan Suku Bugis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *